ALGORITMA DAN PEMOGRAMAN
Algoritma adalah urutan angka-angka yang logis terperinci yang digunakan untuk memecahkan masalah. Pemograman adalah sebuah seni dalam menggunakan satu atau lebih Algoritma yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah bahasa pemograman tertentu sehingga menjadi sebuah program komputer.
Bahasa Pemograman Terdiri Dari:
1. Bahasa Pemograman Tingkat Rendah(Assembly) yaitu memberikan perintah kepada computer dengan memakai kode-kode singkat, contohnya: SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP,dsb.
2. Bahasa Pemograman Tingkat Menengah yaitu bahasa komputer yang memakai campuran intruksi dalam kata-kata bahasa manusia dan intruksi yang bersifat simbolik, contohnya: {,}, ?, <<, >>, &&, ll, dsb.
3. Bahasa Pemograman Tingkat Tinggi bahasa komputer yang memakai intruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya: begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Adapun Bahasa Pemograman Web Sebagai Berikut:
Bahasa Pemograman HTML, PHP, ASP, XML, WML, PERL, CFM, JAVASCRIPT, CSS, dsb.
APAKAH BAHASA C?
Bahasa C atau C++ adalah suatu bahasa pemograman tingkat menengah, maksudnya bahasa C bisa dipelajari dengan lebih mudah karena mudah dimengerti tetapi mempunyai kemampuan yang tinngi bahasa C bisa digunakan untuk merekayasa program untuk segala kebutuhan , baik untuk aplikasi bisnis, matematis, /game.
Sebuah bahasa mempunyai kelebihan tersendiri begitu juga dengan bahasa C. Adapun sebagian kelebihan dari bahasa C adalah sebagai berikut:
1. Banyak memiliki operator untuk mengolah atau memanipulasi data.
2. Bahasa C termasuk sebagai bahasa yang terstruktur sehingga program dapat lebih mudah dipahami/dikembangkan .
3. Bahasa C lebih mudah dimengerti karena lebih mirip dari bahasa manusia.
4. Kecepatan eksekusi tinggi.
Sedangkan kelemahan dari bahasa C adalah:
1. Banyaknya operator atau cara penulisan program kadang menimbulkan kebingungan para pemakainya.
2. Perlunya ketelitian dalam penulisan program karena perintah dalam bahsa C tersebut bersifat case sensitif (hurup capital dan huruf kecil dibedakan ).
Contoh: I
#include<stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
printf(“selamat datang”);
getch();
return 0;
}
MEMANGGIL PROGRAM TURBO C
Untuk masuk dalam lingkungan turbo C ++, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, cara-cara berikut disusun dengan asumsi bahwa pemakai sedang memakai operasi windows.
1. Pasilitas RAN dari start menu
a. Klik tombol start kemudian pilih menu RUN.
b. Klik tombol Browser kemudian cari folder yang di dalamnya terdapat file TC.EXE biasanya berada pada c:/ TC/BIN c:/TC atau c:/turbo c3 kemudian klik TC.EXE.
c. Tekan tombol oke tunggu sampai muncul program C++.
2. Ms. DOS prompt
a. Klik tombol start kemudian menu program lalu pilih Ms. DOS prompt.
b. Ketik perintah CD/TC/BIN jika program C++ di simpan pada sub directori C:/TC/BIN kemudian tekan tombol enter.
c. Ketik TC.EXE/TC kemudian tekan enter tunggu sampai muncul program C++.
3. Short Cut
a. Klik tombol kanan mouse di dekstop kemudian pilih sub menu New pada menu POP UP kemudian pilih Short Cut.
b. Untuk menjalankannya pilih dabel klik di Short Cut yang telah dibuat.
Contoh II.
#include <stdio.h>
#include<conio.h>
main()
{
printf(“ini program pertama saya\n”);
printf(“\n saya belajar bahasa C++ \n di\”potensi utama\”in medan.”);
getch();
return 0;
}
Keterangan:
1. #include pada baris pertama ditemukan perintah pagar include (#include) dan pada baris ke dua terdapat perintah #include (conio.h). Kedua perintah tersebut digunakan untuk memanggil file header (include file) yang didalamnya terdapat perintah fungsi atau fhoto tipe yang bisa digunakan dalam program yang dibuat. Jika perintah #include ini tidak ditulis maka komputer tidak mengerti perintah-perintah yang ditulis.
2. Header file nama file yang digunakan dalam pagar include seperti conio.h dan stdio.h disebut sebagai header file karena ditemukan paling atas program. Extention.h berarti header dalam file header ini terdapat fungsi atau fhoto tipe yang bisa digunakan dalam program. Sebuah file header memiliki lebih dari satu fungsi atau variable global file header.h digunakan untuk penanganan input/output standart seperti penulisan kelayar, ke file/ke pembaca data dari keyboard atau file.
3. Fungsi main() fungsi ini adalah suatu fungsi khusus yang akan di exekusi pertama. Setiap program harus mempunyai fungsi main(). Fungsi ini di aawali dengan tanda { yang menyatakan dari awal program dan di akhiri dengan tanda } yang menyatakan akhir dari program.
4. Fungsi printf suatu fungsi yang berguna untuk menulis pesan ke layar. Pesan yang akan di tulis yang di awali dengan tanda “ pesan yang di tulis dapat di atur dengan mengatur format dari penulisannya. Fungsi printf () tidak hanya menulis pesan dalam satu baris saja tetapi bisa lebih untuk berpindah baris maka gunakan perintah /n yang berarti new line (baris baru) penulisan garis miring \n boleh di tempatkan di depan, di akhir.
5. Tanda ; setiap perintah harus di akhiri dengan tanda ; hilangnya tanda akan menyebabkan kesalahan kompile.
6. Getch() berfungsi untuk pembacaan data sebuah karakter. Sehingga program akan terdiam sampai pengguna menekan suatu tombol fungsi ini berada dalam file header conio.h sehingga perintah #include (conio.h) harus di tuliskan.
7. Return 0; adalah perintah yang memberikan nilai pada fungsinya. Setiap fungsi harus memiliki atau mempunyai nilai kembaliannya (return value).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar